Rabu, 25 September 2019

Cara Litbang BPTH Hilirisasi Produk Penelitian

Balai Besar Penelitian dan Penambahan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman (Litbang BPTH) Yogyakarta melakukan hilirisasi produk hasil penelitian melalui sistem informasi berbasiskan situs. Sistem e-biotifor ini jadi jawaban atas kendala waktu milenial 4. 0 yg menuntut service serba cepat.

Kepala Sisi Data, Informasi dan Kerja Sama Balai Besar Litbang BPTH, Retisa Mutiaradevi menerangkan, peluncuran e-biotifor dilatarbelakangi service yg masih didominasi sistem manual. Terkecuali itu, banyak penduduk yg belum tahu perihal biotifor.

" Hasil litbang yg sejauh ini didapati berupa publikasi walaupun memang faedahnya buat periset. Harusnya, hasilnya bisa lebih dirasakan oleh penduduk sekiranya penyebaran benih unggul, " kata Retisa, di sela soft luncurkan e-biotifor di kantor Balai Besar Litbang BPTH Yogyakarta, Rabu (25/9) . Simak Juga : sistem informasi

Sampai saat ini sudah ada beberapa jenis bibit unggul yg dilepaskan dan siap difungsikan oleh penduduk luas. Antara lainnya kayuputih (Melaleuca cajuputi F-1) , akor (Acacia auriculiformis F1 dan F2) , dan jati purwo (Tectona grandis) . Benih unggul itu telah ditanam di banyak wilayah di Indonesia dengan sebaran luasan lebih dari 2. 000 hektare.

Diterangkan Retisa, sistem e-biotifor dapat membuat mudah penduduk dalam terjalin service dimulai dari keinginan kerja sama, pembangunan kebun benih sampai pembelian bibit unggul.

Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Nur Sumedi, berharap tersedianya e-biotifor, service yg diberikan terhadap penduduk bisa semakin cepat, interaktif, murah, dan gampang. " Sejauh ini bila dari sekolah, kampus atau instansi ingin berkunjung, keinginan diantar lewat surat. Namun sekarang bila ingin beli benih atau menganjurkan kerja sama, bisa dengan online, " ujarnya.
Artikel Terkait : pengertian sistem

Benih unggul hasil litbang yg terserap di penduduk sudah agak banyak. Produk yg menonjol adalah kayu putih. Dijelaskan Nur, kelebihan kayu putih ini adalah kandungan ceniolnya yg tinggi dan diklaim paling tinggi di dunia. Bukan cuma kayu putih,  produk lain yg disenangi adalah benih sengon, akasia, nyamplung, dan kaliandra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar