Jumat, 20 September 2019

Beginilah Persipan Bangun Indonesia Timur

Dalam bangun daerah timur Indonesia, Tubuh Rencana Nasional (Bappenas) memiliki rencana sejumlah project strategis. Proyek-proyek ini masuk dalam Perancangan Pembangunan Periode Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2025.

Menurut Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, minimal ada 12 project besar yg akan dibuat di Kepulauan Maluku juga sekaligus Pulau Papua lima tahun ke depan.

" Lima tahun ke depan ada sekian banyak major proyek yg akan kami dorong dapat berjalan di daerah Maluku-Papua.  Ini yakni project strategis untuk di daerah timur, " kata Bambang di Hotel Santika, Ambon, Kamis (12/9/2019) .
Simak Juga : jangka sorong

Bambang menjelaskan project ini kedepannya akan menyertakan sinkronisasi di antara sejumlah kementerian serta instansi (K/L) , pemda, serta sejumlah BUMN.

" Project ini akan terpadu serta menyertakan sejumlah kementerian, pemda, serta BUMN, " kata Bambang.

Bambang sudah sempat menguraikan sejumlah project, satu diantaranya yakni peningkatan kota Sorong. Menurut dia, kota ini mempunyai kemampuan ekonomi yg tinggi.
Artikel Terkait : KPK dan FPB

" Satu diantaranya, kita akan buat kota baru di Sorong, kemampuan Sorong ini besar jadi kota usaha serta menggenjot perekonomian wilayah Timur, disana ada juga pelabuhan, " kata Bambang.
Sejumlah project lantas diterangkan Bambang bisa menggenjot konektivitas antar wilayah. Di mulai dari jalan Trans Papua, serta sejumlah pembangunan jalan di pulau terluar.

" Dengan project ini dapat menaikkan konektivitas pun, semisalnya jalan Trans Papua. Ada pula kita akan bangun berjalan-jalan di Pulau Morotai, Saumlaki, sampai Biak, " kata Bambang.

Dari data yg diuraikan, ada 12 project besar yg jadikan major proyek Bappenas di Maluku serta Papua. Sejumlah project itu yakni sebagaimana berikut :
1. Peningkatan area kota baru, Sofifi serta Sorong.
2. Peningkatan daerah etika, Domberay serta Laa Pago.
3. Peningkatan area pinggiran di Jayapura serta Merauke.
4. Pembangunan jalan untuk pulau terluar serta ketinggalan di Pulau Morotai, Pulau Saumlaki, serta Pulau Biak.
5. Menambahkan pembangunan Jalan Trans serta Pinggiran Papua.
6. Pembangunan jembatan udara Papua.
7. Pembangunan 10 juta sambungan rumah (SR) di Indonesia dengan sasaran 423. 000 SR di Maluku serta Papua.
8. Pelebaran distribusi air bersih di semuanya daerah Maluku serta Papua.
9. Penambahan sanitasi yg wajar serta aman.
10. Penyelesaian Program 35. 000 MW dengan sasaran bangun pembangkit 427. 545 MW serta Jaringan Transmisi 816 kms/430 MVA di Maluku serta Papua.
11. Penuntasan infrastruktur 18. 500 service satelit multifungsi serta pembangunan BTS/lastmile untuk merampungkan 2. 414 desa blankspot di Maluku serta Papua.
12. Peningkatan waduk multiguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar