Kamis, 28 Februari 2019

Yuk Intip Khofifah Ajari Analisis SWOT Untuk Menang di Pilkada

Calon Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa bagikan teknik serta usul pada beberapa puluh calon anggota legislatif yang berkunjung ke tempat tinggalnya untuk belajar mendekati Pileg 2019, Minggu (30/7/2018) .

Pada puluan orang itu, Khofifah menuturkan kalau dia terlatih mau bikin pengamatan SWOT yakni Strength (Kebolehan) , Weakness (Kekurangan) , Opportunity (Kesempatan) , serta Threat (Bahaya) .

" Saya ya buat kotak-kotak SWOT sendiri. Tetapi saya menganjurkan mau bikin SWOT per individu serta dengan kawan lantaran terkadang kita tak dapat lihat kesempatan sendiri, " kata Khofifah.
Simak Juga : analisis SWOT

Dia minta banyak calon legislatif wanita tidak untuk memercayakan pengamatan SWOT yang dikeluarkan oleh partai saja. Akan tetapi ikut membuat pengamatan SWOT sendiri semasing calegnya.

Begitupun kalau ada calon legislatif yang menentukan tandem dengan calon legislatif beda dari instansi legislatif tingkat yang tambah tinggi. Memang Khofifah mengaku metode tandem itu tambah murah serta menguntungkan.

" Tetapi tandemnya ini harus dilaksanakan riset SWOT. Jangan lantas malahan membuat lemah, " timpalnya.

Permpuan yang Ketua Umum PP Muslimat NU ini menuturkan, kendala penting buat wanita yang maju dalam kontestasi politik yaitu kurangnya waktu mobilitas politik, meski sebenarnya mereka ikut dibutuhkan unutk menegur warga sebanyak-banyaknya.

Dia memberikan contoh kala kampanye Pilgub Ja-tim lantas, dia sehari-hari rata-rata berkunjung ke sembilan hingga sebelas titik.

" Mempunyai arti dari pagi hingga pagi pagi hari. Lantaran jika tak demikian jika sekedar hanya ada, masyarakat akan tidak hingga kenal benar dengan kita, " tukasnya.

Ibu empat anak ini memperingatkan biar calon legislatif yang pergi dari orang biasa tak terasa kecil hati serta pesimis. Memang kesempatan buat calon legislatif yang mempunyai kerabat atau orang-tua penguasa serta tokoh besar itu lebih terbuka.

Tapi bermakna yang demikian sebaliknya tak dapat mendapat peluang yang sama. " Jadi tidak ada hal-hal lain kembali terkecuali usaha giat serta usaha giat. Khofifah ini pun bukan anak penguasa ataupun tokoh besar, " kata wanita yang udah jadi DPR RI empat kesempatan ini.

Dia menyebutkan kalau nada pemilih logis ikut dibutuhkan diambil melalui langkah memberi penawaran yang programatik serta sistematik. Perang inspirasi serta pembaharuan memang jadi penilaian penting buat pemilih logis.

Di lain bidang Khofifah menyuport biar keterwakilan wanita pada dunia politik dapat bertambah. Lantaran wanita punya angan-angan biar terjaga politik yang damai, sejauk serta santun.

Siti Nurjanah, Direktur Women and Youth Development Institute of Indonesia (WYDII) menuturkan, beberapa puluh calon legislatif yang datang ke rumah Khofifah terdiri dalam sepuluh partai berlainan.

" Mereka dari 10 partai yang berlainan. Mulai PPP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Perindo, PKB serta beberapa partai beda, " kata Nurjanah.

Selanjutnya dia menyebutkan banyak calon legislatif ini sedang melakukan kursus terkait persiapan siasat melawan Pileg 2019.
Lihat Juga : teknik analisis data

Mereka menyengaja dibawa serta disandingkan dengan Khofifah, untuk mendapat transfer pengetahuan, pengalaman serta evaluasi dari pribadi wanita yang baru-baru ini menang dalam kontestasi politik Jawa Timur yakni Khofifah.

" Gus Dur tetap menyebutkan untuk be yourself, jadilah diri pribadi, and do the best, melakukan yang terpilih. Serta tak ada yang privat tidak cuman usaha giat, usaha giat, serta usaha giat, " tutur Khofifah memulai session share bersama-sama banyak calon legislatif wanita ini.

" Tapi yang saya rekomendasikan yaitu meet the people, turun ke warga serta dapati mereka, bersapa. Lantaran jika cuma sharing video itu akan tidak cukuplah ketimbang berjumpa langsung, " kata Khofifah.

Pertemuan itu ikut dibarengi dengan session bertanya jawab. Banyak yang share kalau perlakukan diskriminasi dari calon legislatif lelaki, dan beberapa ada yang minta biar mereka dikasih teknik untuk dapat menang Pileg.

Satu diantaranya calon legislatif dari Partai Golkar yang turut dalam pertemuan dengan Khofifah, Mimik Lestari, menuturkan dianya sendiri mengatakan mendapat ide serta motivasi besar dari Khofifah.

" Beliau bertambah membesarkan kemauan saya untuk menang. Serta saya bertambah meyakini kalau saat ini politik uang sudahlah tidak jamannya. Serta yang saya tangkap yaitu usaha giat kerja keras serta usaha giat, " kata Mikik yang nyaleg DPRD Propinsi Jawq Timur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar