Minggu, 03 Maret 2019

Pelopor Teknologi Holografi , begini Kehidupan Dennir Gabor

Hologram atau photo penampilan tiga dimensi berubah menjadi salah satunya penemuan yg berefek besar dalam perubahan technologi manusia sampai sekarang ini. Serta figur yg sangat berjasa dalam penemuan holografi merupakan Dennis Gabor. Dennis Gabor lahir pada 5 Juni 1900 di Budapest, Hungaria. Ia merupakan putra paling tua dari Bertalan Gabor dengan Adrienne. Mulai sejak kecil Dennis sudah begitu tertarik dengan pengetahuan fisika. Kira-kira umur 15 tahun, ia sudah mendalami sendiri perihal kalkulus serta belajar lewat buku teks Chwolson. Biarpun mempunyai ketertarikan pada pengetahuan fisika, akan tetapi Dennis akan memutuskan untuk mendalami pengetahuan tehnik di perguruan tinggi, lantaran profesi menjadi pakar fisika kurang demikian disukai banyak orang pada waktu itu.
Baca Juga : teks biografi

Di umur 18 tahun, Dennis masuk ke Kampus Tehnik Budapest serta mendalami pengetahuan tehnik. Ia selanjutnya meneruskan belajar di Berlin. Berubah menjadi Penemu Dennis menyelesaikan studinya pada 1924 serta mendapatkan titel doktor dalam tehnik listrik tiga tahun berlalu. Tidak cuman mendalami tehnik elektro, Dennis pun melakukan profesi di bagian yg sama, akan tetapi pekerjaanya hampir selamanya memakai pengetahuan fisika terapan. Sepanjang merampungkan program doktoralnya, Dennis meningkatkan salah satunya osiloskop cahaya katoda berkecepatan tinggi pertama, serta dalam hasilnya membuat lensa elektron magnetik berselubung besi pertama.  Pada 1927, selesai menyelesaikan program doktor, Dennis masuk dengan perusahaan Siemens & Halske AG. Di perusahaan itu, Dennis bikin penemuan pertamanya, yaitu satu lampu merkuri kuarsa desakan tinggi dengan uap super panas serta segel pita molibdenum. Temuannya itu selanjutnya banyak dipakai dalam penerangan menjadi lampu jalan. Akan tetapi penemuan itu nyatanya berlangsung dengan cara tdk disengaja kala Dennis coba bikin lampu kadmium yg selesai dengan kegagalan. Pada 1933, Nazi yg di pimpin Adolf Hitler berkuasa di Jerman serta Dennis pilih untuk tinggalkan Berlin.

Pernah tinggal di Hungaria sejumlah sepanjang hampir 1 tahun, pada 1934, Dennis akan memutuskan geser ke Inggris. Di Inggris, Dennis bersua dengan Marjorie Louise Butler, yg selanjutnya berubah menjadi istrinya pada 1936. Pada waktu itu, Inggris tetap ada dalam periode stres dengan orang asing susah untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi selesai berupaya mencari, Dennis pada akhirnya di terima di British Thomson-Houston (BTH) Company, menjadi seseorang penemu. Dennis bertahan di perusahaan itu sepanjang kira-kira empat tahun sampai akhir 1948. Selesai Perang Dunia II selesai, Dennis banyak menulis makalah, bahkan juga perihal teori komunikasi dengan meningkatkan metode sinematografi stereoskopik. Mengawali Riset Holografi Sampai di akhir tahun 1948, Dennis mengawali penelitiannya untuk holografi, yg sebelumnya dimaksud dengan " rekonstruksi gelombang " . Riset itu pun bermula dari satu ketidaksengajaan, lantaran Dennis sebelumnya punya niat buat bikin mikroskop elektron yg ditingkatkan untuk dapat lihat atom tunggal. Riset Gabor yg fokus pada input serta ouput elektron membawanya pada ide re-holografi, dengan inspirasi basic membuat pencitraan optik sempurnya yg memakai seluruhnya info, tidak sekedar dalam soal luasan bagian seperti dalam pencitraan optik biasa, akan tetapi pun bentuk.


Dennis mulai menerbitkan serta mempublikasikan sekelompok makalah perihal perubahan penelitiannya sampai 1951. Pada waktu itu, sepanjang 1950-1953, Dennis bekerja bersama dengan Laboratorium Riset AEI di Aldermaston.  Riset yg dikerjakan Dennis belum juga dapat memperlihatkan hasil riil sepanjang hampir 20 tahun. Tdk sebelum ditemukannya laser. Akan tetapi holografi awal pada akhirnya bisa direalisasikan pada 1964, selesai laser, menjadi sumber sinar koheren serta jelas pertama, diketemukan pada 1960. Sesudahnya, holografi dengan cara komersial pada akhirnya bisa ada. Pada awal 1949, Dennis geser dari Rugby ke arah London, dimana ia masuk dengan Imperial College. Sepuluh tahun berlalu, pada 1958, ia berubah menjadi profesor Fisika Terapan sampai periode pensiun pada 1967. Penghargaan Nobel Tidak cuman berubah menjadi penemu, Dennis Gabor pun menuliskannya pemikirannya berubah menjadi satu buku yg berjudul Inventing the Future, muncul pada 1963. Buku itu mengkaji perihal tiga intimidasi penting pada orang moderen, yg menurut dia merupakan perang, ledakan banyaknya masyarakat, serta apakah yg disebutnya Era Kesenangan. Dalam buku itu pun berisi satu ungkapan yg populer, yaitu " hari depan tidak bisa diantisipasi, akan tetapi bisa dibuat " .
Simak Juga : contoh biografi

Dennis Gabor pensiun pada 1967. Biarpun begitu ia konsisten terjalin dengan Imperial College serta berubah menjadi anggota pengamat senior. Pada tahun 1971, Dennis Gabor pada akhirnya dinobatkan menjadi penerima tunggal Penghargaan Nobel bagian Fisika atas penemuan serta peningkatan langkah holografik. Dalam kuliah Nobelnya, Dennis mempresentaikan histori peningkatan holografi yg dimulainya mulai sejak 1948. Gabor wafat dalam sesuatu panti jompo di South Kensington, London, pada 9 Februari 1979. Ia tdk mempunyai keturunan dari pernikahannya dengan Marjorie. Untuk kembali mengenang sang penemu holografi, satu plakat berwarna biru dipasang di Queen's Gate No. 79 di Kensington, tempat tinggal Dennis Gabor pada 1949 sampai awal 1960-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar